search
Informasi Penting
berita1
Yang dimaksud dengan TITIPAN adalah bentuk barang yang dikirimYang dimaksud Pengangkut adalah ATC CARGO INDONESIA
01-11-2015 | admin
berita1
Berikut terlampir data barang yang dilarang, diantaranya: Air Zam-zam, minyak wangi, perhiasan dll
01-11-2015 | admin
berita1
Money Back GuaranteeProgram uang kembali jika kiriman terlambat atau diterima tidak sesuai dengan yang waktu yang
01-11-2015 | admin
berita1
Seberapa luas jangkauan pengiriman ATC Cargo?Kami melayani pengiriman barang ke seluruh kota di Indonesia
01-11-2015 | admin
berita1
Hay Al Salamah Khulais St. Po Box 8273 Jeddah 21421 Saudi Arabia Tel. +966 (02) 6972062 Fax. +966 (02) 2565395
01-11-2015 | admin
Ketentuan Pengiriman
Ketentuan Pengiriman ini merupakan bentuk perjanjian yang disepakati oleh Pengirim dan pihak ATC Cargo Indonesia
Yang dimaksud dengan TITIPAN adalah bentuk barang yang dikirim
Yang dimaksud Pengangkut adalah ATC CARGO INDONESIA dan Mitra
1. Pengirim adalah pemilik yang sah dan/atau berhak atas TITIPAN yang diserahkan kepada PENGANGKUT untuk dikirim ke alamat yang ditentukan oleh pengirim.
2. TITIPAN akan menjadi tanggung jawab PENGANGKUT bilamana pengirim telah membayar lunas seluruh biaya pengiriman dan memiliki RESI PENGIRIMAN ASLI dari PENGANGKUT atas TITIPAN yang dikirim.
3. Dilarang memasukan kedalam TITIPAN, barang-barang sebagai berikut:
a. Uang tunai Rupiah ataupun mata uang asing lainnya.
b. Surat/Dokumen berharga (Cek, Bilyet, Giro, Saham dsb.).
c. Barang-barang berharga/mewah seperti: Arloji, Perhiasan mas, Handphone dsb.
d. Barang-barang yang mudah meledak atau terbakar, benda cair, zat kimia, beracun atau yang dapat merusak barang lain.
e. Obat-obat terlarang dan sejenis.
f. Barang cetakan, rekaman dan lainnya yang isinya menyinggung kesusilaan, mengganggu ketertiban dan keamanan.
g. Barang-barang yang dikarenakan peraturan pihak pemerintah setempat dilarang diproduksi atau dikirimkan.
h. Barang-barang lain yang melebihi nilai tanggungan (liability) maksimum dan atau barang-barang lain yang ditetapkan berdasarkan kebijakan pihak PENGANGKUT.
i. Ketentuan khusus: Dilarang memasukkan Air Zam-zam dalam kemasan apapun, PENGANGKUT tidak bertanggung jawab jika terjadi penyitaan sebagian atau keseluruhan TITIPAN oleh pihak Bea Cukai Kerajaan Arab Saudi.
4. Pengirim harus menyatakan dengan benar dan lengkap mengenai isi TITIPAN kepada pihak PENGANGKUT, dan PENGANGKUT mencatatkannya pada kolom Keterangan Isi Barang atau Packing List. Isi TITIPAN yang tidak sesuai dengan keterangan yang diberikan pada waktu menyerahkan TITIPAN, merupakan suatu pelanggaran yang dapat dituntut melalui jalur hukum yang berlaku. Dan terhadap TITIPAN yang dicurigai, PENGANGKUT berhak namun tidak diwajibkan mengadakan pemeriksaan (Uji Petik) sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Apabila pada waktu pemeriksaan didapati isi barang yang tidak sesuai dengan keterangan pihak pengirim, maka pihak PENGANGKUT berhak menolak untuk menerima dan mengirimkan TITIPAN tersebut, PENGANGKUT juga berhak untuk menahan dan melaporkannya kepada pihak yang berwajib apabila diduga akan membahayakan keselamatan umum.
Jika dikemudian hari pernyataan/keterangan tersebut tidak sesuai dengan isi TITIPAN yang berakibat pada adanya akibat hukum bagi PENGANGKUT baik secara perdata maupun pidana, maka pengirim, penerima dan pihak ketiga berkewajiban untuk membebaskan PENGANGKUT dari segala akibat hukum tersebut, namun apabila PENGANGKUT diputus bersalah oleh pengadilan karena hal tersebut, pihak pengirim berkewajiban untuk menanggung segala putusan tersebut beserta biaya-biaya yang dikeluarkan PENGANGKUT, dan PENGANGKUT berhak untuk melakukan tindakan hukum baik secara perdata maupun pidana kepada pihak pengirim.
5. PENGANGKUT tidak bertanggung jawab atas hal-hal sebagai berikut:
a. Semua resiko tehnik yang terjadi dalam pengangkutan, yang menyebabkan TITIPAN tidak berfungsi atau berubah fungsinya, baik yang menyangkut mesin atau sejenisnya, maupun barang-barang elektronik seperti halnya TV, Monitor, Komputer, Laptop, Handphone, Tablet, Hardisk, Flashdisk, A/C, Kulkas, Video, Mesin Cuci dan lain sejenis.
b. Keterlambatan ke kota-kota tujuan yang diakibatkan oleh keadaan yang memaksa.
c. Semua penahanan dan penyitaan serta pemusnahan terhadap suatu jenis TITIPAN, oleh instansi Pemerintah terkait (Bea Cukai, Karantina, Kepolisian, Kejaksaan dsb.) sebagai akibat hukum dari keadaan jenis TITIPAN.
d. Tuntutan dalam bentuk apapun atas tidak diterimanya suatu TITIPAN setelah 5 bulan terhitung tanggal pengiriman.
e. Kebocoran pada benda cair, kerusakan pada barang pecah belah, busuk atau mati pada makanan/buah-buahan, binatang hidup dan tumbuh-tumbuhan.
f. Kerusakan, atau kehilangan yang diakibatkan oleh huru-hara, bencana alam, perang dan pembajakan (force majure).
6. Sarana angkutan untuk tujuan beberapa kota tertentu dan atau dalam keadaan memaksa, maka PENGANGKUT, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, mempunyai hak untuk menggunakan sarana transportasi laut, sungai, darat untuk melaksanakan pengiriman semua TITIPAN ke tujuan masing-masing.
7. Bilamana tidak ada keluhan (klaim) dari penerima pada saat TITIPAN diserahkan, maka TITIPAN dianggap telah diterima dengan baik dan benar.
8. Klaim untuk kerusakan, berkurangnya atau hilangnya sebagian barang TITIPAN harus di depan petugas pengantar TITIPAN, klaim tidak dilayani jika dilakukan setelah petugas meninggalkan tempat penyerahan TITIPAN.
9. PENGANGKUT bertanggung jawab atas TITIPAN, sepanjang keterangan yang diberikan mengenai isi barang sesuai dengan keadaan dan jumlah isi barang, dengan ketentuan sebagai berikut.
a. TITIPAN yang tidak dinyatakan nilainya (NVD), maka dianggap tidak melebihi nilai batas liability maksimal sebesar SR. 20 per kg.
b. TITIPAN yang nilainya melebihi SR. 20 per kg wajib dilaporkan kepada PENGANGKUT untuk diasuransikan.
c. Bilamana terjadi kehilangan/kekurangan atas TITIPAN yang tidak diasuransikan, maka nilai penggantian maksimum hanya SR. 20 per kg dari jumlah barang yang hilang/kurang saja.
d. Untuk TITIPAN yang diasuransikan, penggantian kerugian diselesaikan sesuai dengan peraturan Polis Kontrak Asuransi Jasa TITIPAN, Premi asuransi dibayar oleh Pengirim.
10. PENGANGKUT tidak memiliki tanggung jawab apapun selain apa yang dikemukakan dalam poin 9 diatas, termasuk segala bentuk kerugian apapun berupa kerugian materil, imateril dan kehilangan kesempatan memperoleh keuntungan yang diderita oleh pengirim maupun penerima sebagai akibat dari keterlambatan, kekurangan, kerusakan atau kehilangan barang.
11. Semua klaim hanya dapat diselesaikan di kantor tempat mengirimkan TITIPAN, pengajuan klaim harus melampirkan:
a. Bukti Tanda Terima Barang (BTTB) yang ditanda tangani Penerima dan Petugas Pengantar TITIPAN.
b. Dokumen-dokumen pendukung antara lain: Resi Pengiriman (HWB), kwitansi dari TITIPAN ybs.
Jeddah, 01 Nopember 2015.